Setelah Sebelumnya Di Solo, Kini Warga Bali Dikagetkan Kemunculan Ratusan Cacing di Pekarangan Rumah!

I Putu Paramarta dan keluarganya di Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, kaget bukan kepalang. Ratusan cacing tanah tiba-tiba muncul di pekarangan rumahnya, Rabu (29/4) pagi.

Cacing ini terlihat muncul sekitar pukul 06.00 WITA dan hilang sekitar pukul 08.00 WITA.

"Jam 06.00 tadi saya bangun dan dikasih tahu ibu ada banyak cacing muncul," kata Putu saat dihubungi.

Sponsored Ad

Awalnya, keluarga Putu mengira binatang yang bermunculan itu adalah ulat emas. Ulat ini kerap muncul di pekarangan rumah Putu. Keluarganya kemudian mendekati, dan rupanya ratusan cacing tanah.

Keluarga Putu heran. Tak pernah cacing tanah dalam jumlah banyak muncul di desanya. Cacing juga tak terlihat muncul di rumah tetangganya.

"Tadi sempat tanya ke teman apa pagi ini di rumahnya juga ada cacing yang keluar. Dia bilang enggak ada," imbuh Putu.

Sponsored Ad

Putu masih terheran-heran dengan fenomena alam tersebut. Cacing-cacing yang bermunculan lalu disapu dan sebagian diambil untuk pakan bebek.

"Kami kaget dan heran soalnya minggu lalu ibu nonton berita cacing yang di Solo, eh tadi pagi malah kejadian di rumah," kata Putu.

Sebelumnya Terjadi di Solo

Sebelumnya, pada Sabtu (18/4) ratusan cacing juga bermunculan di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah.

Ahli Gempa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dr Daryono saat itu menyatakan, isu kemunculan cacing yang dikaitkan dengan akan terjadinya gempa bukan tak berdasar. Beberapa peristiwa gempa merusak di dunia di antaranya memang diawali adanya gejala alamiah berupa kemunculan cacing tanah secara massal.

Namun, jika tidak ada data dukung penguat lainnya maka munculnya cacing secara massal ke permukaan diduga bisa juga karena perubahan kondisi cuaca, iklim, dan lingkungan yang mendadak, termasuk kemungkinan terpapar bahan kimia seperti disinfektan dan lainnya.


Sumber: linetoday

Kamu Mungkin Suka