​Masih Ingat Kasus First Travel? Begini Penampakan Isi Rumah Serba Emas Milik Bos First Travel!

Masih ingat kasus First Travel alias PT First Anugerah Karya Wisata? Kini pelakunya, pasangan suami istri Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan tengah dipenjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka melakukan penipuan perjalanan umrah.

Selain mendekam di balik jeruji besi, Andika dan Anniesa juga menyerahkan seluruh aset berharga milik mereka kepada polisi. Termasuk, rumah mewah di kawasan elite Sentul, Bogor.

Sponsored Ad

Lama ditinggal pemiliknya, saat ini rumah di Jalan Taman Venesia Selatan, Nomor 99, RT 01 RW 05, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor itu, tak berpenghuni. Itu membuat rumah tersebut tampak tak terurus dan menyeramkan.

Padahal, sebelum sang pemilik rumah berada di hotel prodeo, pasangan suami istri fenomenal itu kerap menggelar pengajian dengan mengundang anak yatim.

Lantas, seperti apa penampakan rumah mewah Bos First Travel Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan?

Sponsored Ad

Tim NSI Metro TV ditemani AKBP Rivai Arvan, Kanit V Subdit V Dittipidum Bareskrim Polri pernah mengabadikan kunjungan mereka ke rumah pemilik First Travel dalam NSI – Menengok ‘Istana’ Bos First Travel. Yuk, simak di sini:

1. Rumah mewah 1000 meter persegi

Terletak di salah satu cluster di Perumahan Sentul City, Bogor, Jawa Barat, rumah Andika dan Anniesa dibangun dengan gaya Eropa klasik. Kemewahan tampak terlihat di setiap sudut rumah bos First Travel.

Sponsored Ad

Dengan luas 1000 meter persegi, rumah itu terlihat bagaikan istana dilengkapi pilar-pilar dan lampu gantung mulai dari luar.

2. Furnitur custom dan perabot mewah

Ruangan pertama ketika kali pertama masuk ke rumah itu ialah area foyer yang dilengkapi dua kursi besar berlambang kejayaan bak raja dan ratu.

Sponsored Ad

Ketika masuk, ruang utama keluarga dilengkapi furnitur custom, di pojok ruangan tampak jam junghans dari Jerman seharga Rp 500 juta. Hampir di setiap ruangan dilengkapi lampu kristal.

Tampak kolam renang menghiasi area tengah rumahnya. Area tersebut biasanya dijadikan Anniesa untuk menjamu para tamunya.

3. Nuansa emas

Untuk menambah kuat gaya klasik, sang pemilik rumah tampak menghiasi setiap sudut huniannya dengan nuansa emas.

Sponsored Ad

Mulai dari ornamen emas yang dicetak langsung ke dinding, hingga ruang makan bernuansa emas, dan perabot lainnya seperti lemari hingga minibar bernuansa bling-bling.

4. Dilengkapi tirai Rp 700 juta

Ruang-ruangan di “istana” Andika dan Anniesa dilengkapi jendela besar dari langit-langit hingga lantai. Jendela-jendela tersebut ditutupi tirai mewah yang harganya disebut mencapai Rp 700 juta.

Sponsored Ad

Setidaknya, terdapat dua motif tirai yang menutupi satu jendela di hunian tersebut. Salah satunya terlihat di kamar tidur utama, ada tirai warna merah tua, merah muda dan emas.

Sementara itu, pinggiran jendela di kamar tidur utama dihiasi pinggiran warna emas. Jendela di kamar tidur itu juga dihiasi ukiran di bagian atasnya.

5. Ruang tidur utama

Masuk ke area kamar tidur utama, tampak sebuah ranjang bergaya kerajaan yang dihiasi warna emas. Tampak sebuah brankas besi berada di area tersebut.

Sponsored Ad

Sebuah walk in closet dengan koleksi fashion branded milik Andika dan Anniesa tampak menghiasi ruangan tersebut.

Yang paling menakjubkan ialah, kamar mandi full marmer lengkap dengan jacuzzi di dalamnya menambah mewah ruangan pribadi mereka.

Itulah penampakan rumah mewah milik Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan yang kini diserahkan ke pihak berwajib karena harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

Sponsored Ad

Sekadar diketahui, Bos First Travel tersebut dinyatakan terbukti melakukan penipuan perjalanan umrah. Ada 63.310 orang calon jemaah First Travel gagal berangkat meski sudah melunasi pembayaran perjalanan umrah.

Total duit kerugian korban karena kasus penggelapan dan pencucian uang bos First Travel mencapai Rp 905 miliar.

Andika Surachman tetap divonis 20 tahun penjara, sedangkan istrinya, Anniesa, divonis 18 tahun penjara. Keduanya juga dihukum membayar denda masing-masing Rp 10 miliar subsider 8 bulan kurungan.

Sponsored Ad

Adapun Kiki Hasibuan, adik Anniesa Hasibuan Direktur Keuangan sekaligus Komisaris biro perjalanan umrah First Travel divonis 15 tahun penjara.

Selain hukuman penjara, Kiki juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 5 miliar. Bila denda tidak dibayarkan, maka diganti dengan 8 bulan kurungan.


Sumber: moneysmart.id

Kamu Mungkin Suka